Khamis, 14 Mac 2013

Liku Hidup Sang Announcer





SETIAP manusia mempunyai ceritanya masing-masing. Ada yang mengharukan, ada yang menarik, ada yang mengasihankan dan bahkan ada juga yang menginspirasikan. Dari sekian banyak cerita yang terjadi dalam kehidupan seseorang, cerita inspirasi adalah cerita yang membuat orang termotivator dengan perjalanan hidup yang di alami. Kisah dari seorang kawan bernama Baskoro Mokodompit adalah kisah menginspirasi dari sekian banyak cerita yang terjadi pada kehidupan disekitar kita.

“Malam ini tepat pukul 21:00, Bagas menemani Anda , so buat kamu yg suka banget sama music jazz, stay tune in 92,4 fm  I have to warn you”
Itulah sepenggal kalimat pembuka yang akan Anda dengar ketika menyetel radio ke saluran RRI Pro 2 Gorontalo. Bagas, begitu Ia menyebut namanya saat mengudara. Itu sebenarnya bukan nama asli. Hanya berupa nama samaran agar muda dikenal dan lebih keren terdengar. Ya, sesuai teori kalangan entertainment, mengganti nama untuk alasan popularitas merupakan hal yang lumrah.

Terlahir dari keluarga sederhana, Bagas lahir dengan nama Baskoro Mokodompit, di sebuah kampung di bumi Totabuan, Bolaang Mongondow, 23 tahun silam. Datang merantau ke Gorontalo untuk melanjutkan studi di Universitas Negeri Gorontalo, dengan harapan bisa ikut mengangkat derajat social keluarga dimata masyarakat sekampung.

Suara serak ceria dan energic merupakan ciri khasnya saat memandu program di radio tempatnya bekerja. Namun, sayang kecerian itu hanya tuntutan profesinya semata. Kehidupan Baskoro tidak seceria suaranya ketika mengudara. Ia harus banting tulang, bekerja sambil kuliah, memeras peluh dan keringat siang malam, telah menjadi rutinitasnya.

Awalnya masuk dunia entertainment khususnya bagian penyiaran pada maret tahun 2009 silam. Pertama Baskoro mengikuti audisi jadi presenter di Civica TV akan tetapi ia tidak lulus menjadi presenter di Civica Tv. Walaupun tidak lulus menjadi presenter di Civica Tv, Baskoro tidak putus asa karena menurutnya masih banyak jalan menuju Roma. Atau pepatah lama Arab yang mengatakan  “Man Jadda Wa Jada” (barangsiapa yang bersungguh-sungguh, maka pasti akan berhasil). Pepataha Arab yang dipopulerkan A Fuadi dalam karyanya “Negeri 5 Menara”, secara sederhana berarti dengan kesungguhan tentunya apa yang dicita-citakan akan tercapai.

“Man Jadda Wa Jada “ sepenggal mantra sakti yang memiliki makna yang kuat dan mampu memberikan semangat dalam kehidupan. “Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil”, begitulah arti ungkapan Arab ini.  ini memanglah bukan hadits, tetapi sangatlah sesuai dan selaras dengan apa yang dialami Baskoro. Sebuah ketetapan yang mengisyaratkan manusia bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum selama kaum tersebut tidak berusaha merubahnya sendiri.

Sebuah jawaban pun datang ketika di pertengahan maret 2009 teman Baskoro menawarkan untuk masuk menjadi penyiar di salah satu stasiun Radio yaitu Memora Radio. Dan Alhamdulillah saat itu langsung  di terima menjadi penyiar di Memora Radio Gorontalo. Disinilah awal kariernya bermula. Baskoro mulai mengembangkan kualitas dan menunjukkan bakat di dunia broadcasting disini.
Akan tetapi Baskoro berkerja di Memora Radio tidak cukup lama, hanya sekitar 6 bulan.  Karena Baskoro mengikuti KKS (Kuliah Kerja Sibermas) suatu kegiatan perkuliahan yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa. Karena Baskoro juga merupakan salah satu mahasiswa di Universitas Negeri Gorontalo, Ia tetap mendepankan kuliahnya karena kuliah adalah amanah dari orang tuanya. Ketika se pulangnya dari kegiatan KKS itu, ternyata sudah banyak yang berubah di Memora Radio. Sudah begitu banyak penyiar-penyiar baru yang mengisi kekosongannya, maka sifat minder pun menghampirinya untuk kembali lagi berkerja di memora radio untuk menghidupi setidaknya untuk kebutuhannya sendiri.

Himpitan kebutuhan ekonomi yang kian menggerotinya, membuat Baskoro memutar otak. Ia merasa kekurangan dengan perekonomiannya. Ia ingin hidup sendiri karena ia tidak ingin mempersulit orang tuanya. Dan ketika pada bulan November 2010, Baskoro mengetahui bahwa ada lowongan pekerjaan di RRI. Dan Baskoro dengan harapan besarnya mencoba mendaftarkan dirinya menjadi penyiar di RRI.

Perjuangan memang mahal dan butuh pengorbanan. Semua itu penuh dengan lika-liku yang di alami oleh Baskoro, karena begitu lama proses pengumuman apakah dirinya diterima menjadi penyiar di RRI. Dan pada tanggal 24 Desember 2010 hari Jum’at pagi ketika itu ada panggilan dari manager, gayungpun bersambut, pengorbanan tanpa henti dari Baskoro berbuah manis. Baskoro memenuhi syarat dan diterima sebagai salah satu Aanouncer pada stasiun Pro 2 RRI yang merupakan salah satu stasiun radio yang terkemuka di Gorontalo dengan program khusus anak muda. Gajinya lumayan besar yakni Rp.1.500.000,-.

Baskoro merupakan contoh seorang anak muda yang mandiri. Dikalah teman seusianya, asyik gaul, menikmati masa muda, Ia sudah bisa membiayai kuliahnya dan biaya hidupnya sehari-hari tanpa sedikitpun merepotkan orang tuanya. Semoga kisahBaskoro ini menjadi inspirasi untuk kita semua agar tidak pernah menyerah menggapai apa yang kita inginkan dalam hidup. Terus bersungguh-sungguh, karena Tuhan sendiri pernah berkata, Ia tidak akan pernah mengubah nasib kita jika bukan kita sendiri yang berusaha untuk merubahnya.(***)


Rabu, 6 Mac 2013

Budaya dan Adat Gorontalo


Mengenai Budaya Gorontalo


Gorontalo adalah  provinsi yang ke-32 di Indonesia. Sebelumnya Gorontalo merupakan wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Madya Gorontalo di Sulawesi Utara. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 tahun 2002, tertanggal 22 Desember. Perkembangan kehidupan masyarakat secara umum juga membawa dampak yang cukup besar dalam masyarakat Gorontalo. Ada beberapa kebiasaan dan gaya hidup yang berubah ke arah lebih modern. Kemajuan jaman ternyata tidak membuat suku Gorontalo melupakan adat istiadat yang diwariskan oleh para leluhur. Banyak masyarakat suku Gorontalo yang masih mempertahankan adat istiadat dan kebudayaan tersebut.

Beberapa kebiasaan dan kebudayaan yang dilestarikan oleh suku Gorontalo adalah sebagai berikut:

1.      Tata dan aturan dalam upacara perkawinan

Dalam melakukan upacara perkawinan, ada banyak aturan dan tata cara yang harus dilakukan oleh mempelai suku Gorontalo. Kebanyakan dari tata aturan dan upacara perkawinan suku Gorontalo masih memegang tradisi turun temurun yang terus dilestarikan sebagai salah satu kebudayaan Indonesia. Berikut adalah beberapa tata cara pelaksanaan upacara perkawinan suku Gorontal
  • Upacara diadakan di rumah kedua mempelai, yakni mempelai pria dan wanita secara bergantian.
  •  Upacara pernikahan bisa berlangsung lebih dari dua hari.
  •  Para kerabat bergotong royong dalam mempersiapkan acara pernikahan ini beberapa hari sebelum pernikahan dilaksanakan.
  •   Kedua mempelai menggunakan pakaian adat yang diberi nama Bili’u
  •  Tempat pelaminan yang digunakan pada saat resepsi menggunakan adat Gorontalo. 
2.      Tondhalo (upacara tujuh bulanan)

Setiap daerah memiliki acara adat tersendiri dalam mewujudkan rasa syukur atas kehamilan. Tondhalo ini dilakukan saat calon ibu memasuki kehamilan pertama yang ketujuh bulan. Adat ini dilakukan untuk memohon keselamatan ibu dan anak dan juga sebagai rasa syukur. Syarat yang harus dilakukan dalam upacara adat ini adalah sebagai berikut:
  • Kedua orang tua jabang bayi harus menggunakan pakaian adat Gorontalo.
  • Ada seorang anak perempuan yang digendong oleh ayah jabang bayi mengelilingi rumah, lalu akhirnya masuk ke dalam kamar menemui ibu yang sedang mengandung
  •  Setelah calon ayah dan anak perempuan yang digendongnya bertemu dengan ibu yang mengandung jabang bayi, maka tali yang terbuat dari daun kelapa yang melingkari perut ibu tersebut dipotong atau diputuskan.
  •   Adanya tujuh jenis makanan yang dihidangkan dalam tujuh nampan yang berbeda.
  • Makanan ini dibagikan kepada seluruh undangan termasuk anak kecil yang digendong tadi.

4.      Tumbilotohe

Tumbilotohe yang dalam arti bahasa gorontalo terdiri dari kata “tumbilo” berarti pasang dan kata “tohe” berarti lampu, yaitu acara menyalakan lampu atau malam pasang lampu. Tradisi ini merupakan tanda bakal berakhirnya bulan suci Ramadhan, telah memberikan inspirasi kemenangan bagi warga Gorontalo. Pelaksanaan Tumbilotohe menjelang magrib hingga pagi hari selama 3 malam terakhir sebelum menyambut kemenangan di hari Raya Idul Fitri.

Di tengah nuansa kemenangan, langit gelap karena bulan tidak menunjukkan sinarnya. Warga kemudian meyakini bahwa saat seperti itu merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan eksistensi diri sebagai manusia. Hal tersebut merupakan momentum paling indah untuk menyadarkan diri sebagai fitrah ciptaan Allah SWT.




Menurut sejarah kegiatan Tumbilotohe sudah berlangsung sejak abad XV sebagai penerangan diperoleh dari damar, getah pohon yang mampu menyala dalam waktu lama.

Saat malam tiba, “ritual” Tumbilotohe dimulai. Kota tampak terang benderang. Nyaris tidak ada sudut yang gelap. Keremangan malam yang diterangi cahaya lampu-lampu bot Kota Gorontalo berubah semarak karena lampu-lampu botol tidak hanya menerangi halaman rumah, tetapi juga menerangi halaman kantor, masjid. Tak terkecuali, lahan kosong petak sawah hingga lapangan sepak bola dipenuhi dengan cahaya lampu botol. Masyarakat seolah menyatu dalam perasaan religius dan solidaritas yang sama. Di lahan-lahan kosong nan luas, lampu-lampu botol itu dibentuk gambar masjid, kitab suci Al ol di depan rumah- rumah penduduk tampak mempesona

Tumbilotohe menjadi semacam magnet bagi warga pendatang, terutama warga kota tetangga Manado, Palu, dan Makassar. Banyak warga yang mengunjungi Gorontalo hanya untuk melihat Tumbilotohe.

5.      Nuansa Warna Bagi Masyarakat Gorontalo

Dalam adat istiadat gorontalo , setiap warna memiliki makna atau lambang tertentu, karena itu dalam upacara pernikahan masyarakat gorontalo hanya menggunakan empat warna utama , yaitu merah ,hijau , kuning emas , dan ungu. Warna merah dalam masyarakat gorontalo bermakna keberanian dan tanggung jawab , hijau bermakna Kesuburan, kesehjateraan , kedamaian dan kerukunan, kuning emas bermakna kemulian, kesetiaan ,kesabaran dan kejujuran sedangkan warna ungu bermakna keanggunan dan kewibawaan.

Pada umumnya masyarakat Gorontalo enggan memakai pakai warna coklat karena coklat melambangkan tanah , karena itu bila mereka ingin memakai pakaian warna gelap, maka mereka akan memilih warna hitam yang bermakna keteguhan dan Ketuhanan Yang Maha Esa , warna putih bermakna kesucian dan kedudukan , karena itu masyarakat gorontalo lebih suka mengenakkan warna putih bila pergi ke tempat perkebungan atau kedukaan atau tempat ibadah (masjid), biru muda sering digunakan pada saat peringatan 40 hari duka,sedangkan biru tua digunakan pada peringatan 100 hari duka.

Dalam adat perkawinan Gorontalo sebelum hari H dilaksanakan dutu, dimana kerabat pengantin pria akan mengantarkan harta dengan membawakan buah-buahan , seperti jeruk , nangka ,nenas , tebu , setiap buah yang dibawah juga punya makna tersendiri misalnya buah jeruk bermakna bahwa pengantin harus merendahkan diri, duri jeruk bermakna bahwa pengantin harus menjaga diri dan rasanya yang manis bermakna bahwa pengantin harus menjaga tata krama atau sifat manis yang disukai orang. Nenas durinya juga bermakna bahwa pengantin harus menjaga diri dan begitu juga rasanya yang manis. Nangka dalam bahasa gorontalo langge loo olooto , yang berbau harum dan berwarna kuning emas yang bermakna pengantin harus mempunyai sifat penyayang dan penebar keharuman. Tebu warna kuning bermakna pengantin harus menjadi orang yang disukai dan teguh dalam pendirian. 

6.      Sapaan Atau Toli

Sapaan atau toli atau nama panggilan bagi seseorang adalah suatu kebudayaan masyarakat gorontalo. Tata krama ini sudah ada berabad-abad lamanya . Menurut “wulito” atau cerita leluhur kebudayaan ini berkembang menjadi “pulangga “ atau gelar kepada raja jogugu,marsa oleh,dan para pejabat kerajaan / negri yang dinobatkan atau dinilai berilomato atau berkarya dalam negeri bahkan apabila wafatpun raja dan pejabat-pejabat masih di anugrahi gelar yang disebut gara’I yang juga diberikan sesuai karyanya semasa hidupnya .

Pada zaman dahulu dalam lingkungan kerajaan-kerajaan ,sapaan-sapaan terjaga dengan sangat baik dalam lingkungan ini hamper tidak terdengar panggilan nama asli/kecil seseorang . menyapa raja dan pejabat-pejabat Ti Olangia , Ti Jogugu ,Ti Wulea ,atau sapaan ti Eyanggu . sapaan untuk ratu , permaisuri atau istri-istri pejabat Ti Mbui , Ti Boki, Putra-Putri dan cucu Bantha , Te tapulu ,Te Putiri , Te Uti , Ti Pii dan sebagainya. sebaliknya keluarga dan para putra-putri pegawai kerajaan dengan nama jabatan masing-masing sampai pangkat yang paling rendah sekalipun tak menyebut nama kecil.

7.      Walima


Walima dalam bahasa Arab yang artinya perayaan oleh masyarakat Gorontalo umumnya dikenal sebagai wadah yang berisi berbagai jenis kue basah atau kering yang diarak ke masjid pada setiap Maulid Nabi, bahkan di beberapa tempat di Gorontalo walima juga diisi dengan bahan makanan pokok hasil kebun, ternak dll yang disiapkan apa adanya.

Bagi masyarakat, Walima adalah hasil karya seni tinggi yang dipersiapkan berbulan-bulan, memerlukan kesabaran yang tinggi untuk mengerjakannya serta membutuhkan biaya yang lumayan besar.

8.      Dikili
Dikili dalam bahasa Gorontalo biasanya dikenal pada saat maulid, dalam bahasa Indonesia lebih kurang artinya adalah Zikir, dalam peringatan maulid Nabi para pezikir datang hampir mewakili wilayah Gorontalo jumlahnya bisa menjadi 500 orang, biasanya masyarakat Gorontalo yang berdomisili di wilayah itu dan hobi dengan Dikili. Dikili ini dilagukan dalam irama yang sama oleh banyak orang yang dimulai oleh pemimpin Agama setelah sholat Isya dan berakhir sebelum sholat zuhur atau lebih kurang 15 jam. Irama zikir yang khas ini membuat orang terkagum-kagum dan marasakan akan kejadian maulid Nabi.


Sumber: Google.com




Liku Hidup Sang Announcer

0





SETIAP manusia mempunyai ceritanya masing-masing. Ada yang mengharukan, ada yang menarik, ada yang mengasihankan dan bahkan ada juga yang menginspirasikan. Dari sekian banyak cerita yang terjadi dalam kehidupan seseorang, cerita inspirasi adalah cerita yang membuat orang termotivator dengan perjalanan hidup yang di alami. Kisah dari seorang kawan bernama Baskoro Mokodompit adalah kisah menginspirasi dari sekian banyak cerita yang terjadi pada kehidupan disekitar kita.

“Malam ini tepat pukul 21:00, Bagas menemani Anda , so buat kamu yg suka banget sama music jazz, stay tune in 92,4 fm  I have to warn you”
Itulah sepenggal kalimat pembuka yang akan Anda dengar ketika menyetel radio ke saluran RRI Pro 2 Gorontalo. Bagas, begitu Ia menyebut namanya saat mengudara. Itu sebenarnya bukan nama asli. Hanya berupa nama samaran agar muda dikenal dan lebih keren terdengar. Ya, sesuai teori kalangan entertainment, mengganti nama untuk alasan popularitas merupakan hal yang lumrah.

Terlahir dari keluarga sederhana, Bagas lahir dengan nama Baskoro Mokodompit, di sebuah kampung di bumi Totabuan, Bolaang Mongondow, 23 tahun silam. Datang merantau ke Gorontalo untuk melanjutkan studi di Universitas Negeri Gorontalo, dengan harapan bisa ikut mengangkat derajat social keluarga dimata masyarakat sekampung.

Suara serak ceria dan energic merupakan ciri khasnya saat memandu program di radio tempatnya bekerja. Namun, sayang kecerian itu hanya tuntutan profesinya semata. Kehidupan Baskoro tidak seceria suaranya ketika mengudara. Ia harus banting tulang, bekerja sambil kuliah, memeras peluh dan keringat siang malam, telah menjadi rutinitasnya.

Awalnya masuk dunia entertainment khususnya bagian penyiaran pada maret tahun 2009 silam. Pertama Baskoro mengikuti audisi jadi presenter di Civica TV akan tetapi ia tidak lulus menjadi presenter di Civica Tv. Walaupun tidak lulus menjadi presenter di Civica Tv, Baskoro tidak putus asa karena menurutnya masih banyak jalan menuju Roma. Atau pepatah lama Arab yang mengatakan  “Man Jadda Wa Jada” (barangsiapa yang bersungguh-sungguh, maka pasti akan berhasil). Pepataha Arab yang dipopulerkan A Fuadi dalam karyanya “Negeri 5 Menara”, secara sederhana berarti dengan kesungguhan tentunya apa yang dicita-citakan akan tercapai.

“Man Jadda Wa Jada “ sepenggal mantra sakti yang memiliki makna yang kuat dan mampu memberikan semangat dalam kehidupan. “Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil”, begitulah arti ungkapan Arab ini.  ini memanglah bukan hadits, tetapi sangatlah sesuai dan selaras dengan apa yang dialami Baskoro. Sebuah ketetapan yang mengisyaratkan manusia bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum selama kaum tersebut tidak berusaha merubahnya sendiri.

Sebuah jawaban pun datang ketika di pertengahan maret 2009 teman Baskoro menawarkan untuk masuk menjadi penyiar di salah satu stasiun Radio yaitu Memora Radio. Dan Alhamdulillah saat itu langsung  di terima menjadi penyiar di Memora Radio Gorontalo. Disinilah awal kariernya bermula. Baskoro mulai mengembangkan kualitas dan menunjukkan bakat di dunia broadcasting disini.
Akan tetapi Baskoro berkerja di Memora Radio tidak cukup lama, hanya sekitar 6 bulan.  Karena Baskoro mengikuti KKS (Kuliah Kerja Sibermas) suatu kegiatan perkuliahan yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa. Karena Baskoro juga merupakan salah satu mahasiswa di Universitas Negeri Gorontalo, Ia tetap mendepankan kuliahnya karena kuliah adalah amanah dari orang tuanya. Ketika se pulangnya dari kegiatan KKS itu, ternyata sudah banyak yang berubah di Memora Radio. Sudah begitu banyak penyiar-penyiar baru yang mengisi kekosongannya, maka sifat minder pun menghampirinya untuk kembali lagi berkerja di memora radio untuk menghidupi setidaknya untuk kebutuhannya sendiri.

Himpitan kebutuhan ekonomi yang kian menggerotinya, membuat Baskoro memutar otak. Ia merasa kekurangan dengan perekonomiannya. Ia ingin hidup sendiri karena ia tidak ingin mempersulit orang tuanya. Dan ketika pada bulan November 2010, Baskoro mengetahui bahwa ada lowongan pekerjaan di RRI. Dan Baskoro dengan harapan besarnya mencoba mendaftarkan dirinya menjadi penyiar di RRI.

Perjuangan memang mahal dan butuh pengorbanan. Semua itu penuh dengan lika-liku yang di alami oleh Baskoro, karena begitu lama proses pengumuman apakah dirinya diterima menjadi penyiar di RRI. Dan pada tanggal 24 Desember 2010 hari Jum’at pagi ketika itu ada panggilan dari manager, gayungpun bersambut, pengorbanan tanpa henti dari Baskoro berbuah manis. Baskoro memenuhi syarat dan diterima sebagai salah satu Aanouncer pada stasiun Pro 2 RRI yang merupakan salah satu stasiun radio yang terkemuka di Gorontalo dengan program khusus anak muda. Gajinya lumayan besar yakni Rp.1.500.000,-.

Baskoro merupakan contoh seorang anak muda yang mandiri. Dikalah teman seusianya, asyik gaul, menikmati masa muda, Ia sudah bisa membiayai kuliahnya dan biaya hidupnya sehari-hari tanpa sedikitpun merepotkan orang tuanya. Semoga kisahBaskoro ini menjadi inspirasi untuk kita semua agar tidak pernah menyerah menggapai apa yang kita inginkan dalam hidup. Terus bersungguh-sungguh, karena Tuhan sendiri pernah berkata, Ia tidak akan pernah mengubah nasib kita jika bukan kita sendiri yang berusaha untuk merubahnya.(***)


Budaya dan Adat Gorontalo

6


Mengenai Budaya Gorontalo


Gorontalo adalah  provinsi yang ke-32 di Indonesia. Sebelumnya Gorontalo merupakan wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Madya Gorontalo di Sulawesi Utara. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 tahun 2002, tertanggal 22 Desember. Perkembangan kehidupan masyarakat secara umum juga membawa dampak yang cukup besar dalam masyarakat Gorontalo. Ada beberapa kebiasaan dan gaya hidup yang berubah ke arah lebih modern. Kemajuan jaman ternyata tidak membuat suku Gorontalo melupakan adat istiadat yang diwariskan oleh para leluhur. Banyak masyarakat suku Gorontalo yang masih mempertahankan adat istiadat dan kebudayaan tersebut.

Beberapa kebiasaan dan kebudayaan yang dilestarikan oleh suku Gorontalo adalah sebagai berikut:

1.      Tata dan aturan dalam upacara perkawinan

Dalam melakukan upacara perkawinan, ada banyak aturan dan tata cara yang harus dilakukan oleh mempelai suku Gorontalo. Kebanyakan dari tata aturan dan upacara perkawinan suku Gorontalo masih memegang tradisi turun temurun yang terus dilestarikan sebagai salah satu kebudayaan Indonesia. Berikut adalah beberapa tata cara pelaksanaan upacara perkawinan suku Gorontal
  • Upacara diadakan di rumah kedua mempelai, yakni mempelai pria dan wanita secara bergantian.
  •  Upacara pernikahan bisa berlangsung lebih dari dua hari.
  •  Para kerabat bergotong royong dalam mempersiapkan acara pernikahan ini beberapa hari sebelum pernikahan dilaksanakan.
  •   Kedua mempelai menggunakan pakaian adat yang diberi nama Bili’u
  •  Tempat pelaminan yang digunakan pada saat resepsi menggunakan adat Gorontalo. 
2.      Tondhalo (upacara tujuh bulanan)

Setiap daerah memiliki acara adat tersendiri dalam mewujudkan rasa syukur atas kehamilan. Tondhalo ini dilakukan saat calon ibu memasuki kehamilan pertama yang ketujuh bulan. Adat ini dilakukan untuk memohon keselamatan ibu dan anak dan juga sebagai rasa syukur. Syarat yang harus dilakukan dalam upacara adat ini adalah sebagai berikut:
  • Kedua orang tua jabang bayi harus menggunakan pakaian adat Gorontalo.
  • Ada seorang anak perempuan yang digendong oleh ayah jabang bayi mengelilingi rumah, lalu akhirnya masuk ke dalam kamar menemui ibu yang sedang mengandung
  •  Setelah calon ayah dan anak perempuan yang digendongnya bertemu dengan ibu yang mengandung jabang bayi, maka tali yang terbuat dari daun kelapa yang melingkari perut ibu tersebut dipotong atau diputuskan.
  •   Adanya tujuh jenis makanan yang dihidangkan dalam tujuh nampan yang berbeda.
  • Makanan ini dibagikan kepada seluruh undangan termasuk anak kecil yang digendong tadi.

4.      Tumbilotohe

Tumbilotohe yang dalam arti bahasa gorontalo terdiri dari kata “tumbilo” berarti pasang dan kata “tohe” berarti lampu, yaitu acara menyalakan lampu atau malam pasang lampu. Tradisi ini merupakan tanda bakal berakhirnya bulan suci Ramadhan, telah memberikan inspirasi kemenangan bagi warga Gorontalo. Pelaksanaan Tumbilotohe menjelang magrib hingga pagi hari selama 3 malam terakhir sebelum menyambut kemenangan di hari Raya Idul Fitri.

Di tengah nuansa kemenangan, langit gelap karena bulan tidak menunjukkan sinarnya. Warga kemudian meyakini bahwa saat seperti itu merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan eksistensi diri sebagai manusia. Hal tersebut merupakan momentum paling indah untuk menyadarkan diri sebagai fitrah ciptaan Allah SWT.




Menurut sejarah kegiatan Tumbilotohe sudah berlangsung sejak abad XV sebagai penerangan diperoleh dari damar, getah pohon yang mampu menyala dalam waktu lama.

Saat malam tiba, “ritual” Tumbilotohe dimulai. Kota tampak terang benderang. Nyaris tidak ada sudut yang gelap. Keremangan malam yang diterangi cahaya lampu-lampu bot Kota Gorontalo berubah semarak karena lampu-lampu botol tidak hanya menerangi halaman rumah, tetapi juga menerangi halaman kantor, masjid. Tak terkecuali, lahan kosong petak sawah hingga lapangan sepak bola dipenuhi dengan cahaya lampu botol. Masyarakat seolah menyatu dalam perasaan religius dan solidaritas yang sama. Di lahan-lahan kosong nan luas, lampu-lampu botol itu dibentuk gambar masjid, kitab suci Al ol di depan rumah- rumah penduduk tampak mempesona

Tumbilotohe menjadi semacam magnet bagi warga pendatang, terutama warga kota tetangga Manado, Palu, dan Makassar. Banyak warga yang mengunjungi Gorontalo hanya untuk melihat Tumbilotohe.

5.      Nuansa Warna Bagi Masyarakat Gorontalo

Dalam adat istiadat gorontalo , setiap warna memiliki makna atau lambang tertentu, karena itu dalam upacara pernikahan masyarakat gorontalo hanya menggunakan empat warna utama , yaitu merah ,hijau , kuning emas , dan ungu. Warna merah dalam masyarakat gorontalo bermakna keberanian dan tanggung jawab , hijau bermakna Kesuburan, kesehjateraan , kedamaian dan kerukunan, kuning emas bermakna kemulian, kesetiaan ,kesabaran dan kejujuran sedangkan warna ungu bermakna keanggunan dan kewibawaan.

Pada umumnya masyarakat Gorontalo enggan memakai pakai warna coklat karena coklat melambangkan tanah , karena itu bila mereka ingin memakai pakaian warna gelap, maka mereka akan memilih warna hitam yang bermakna keteguhan dan Ketuhanan Yang Maha Esa , warna putih bermakna kesucian dan kedudukan , karena itu masyarakat gorontalo lebih suka mengenakkan warna putih bila pergi ke tempat perkebungan atau kedukaan atau tempat ibadah (masjid), biru muda sering digunakan pada saat peringatan 40 hari duka,sedangkan biru tua digunakan pada peringatan 100 hari duka.

Dalam adat perkawinan Gorontalo sebelum hari H dilaksanakan dutu, dimana kerabat pengantin pria akan mengantarkan harta dengan membawakan buah-buahan , seperti jeruk , nangka ,nenas , tebu , setiap buah yang dibawah juga punya makna tersendiri misalnya buah jeruk bermakna bahwa pengantin harus merendahkan diri, duri jeruk bermakna bahwa pengantin harus menjaga diri dan rasanya yang manis bermakna bahwa pengantin harus menjaga tata krama atau sifat manis yang disukai orang. Nenas durinya juga bermakna bahwa pengantin harus menjaga diri dan begitu juga rasanya yang manis. Nangka dalam bahasa gorontalo langge loo olooto , yang berbau harum dan berwarna kuning emas yang bermakna pengantin harus mempunyai sifat penyayang dan penebar keharuman. Tebu warna kuning bermakna pengantin harus menjadi orang yang disukai dan teguh dalam pendirian. 

6.      Sapaan Atau Toli

Sapaan atau toli atau nama panggilan bagi seseorang adalah suatu kebudayaan masyarakat gorontalo. Tata krama ini sudah ada berabad-abad lamanya . Menurut “wulito” atau cerita leluhur kebudayaan ini berkembang menjadi “pulangga “ atau gelar kepada raja jogugu,marsa oleh,dan para pejabat kerajaan / negri yang dinobatkan atau dinilai berilomato atau berkarya dalam negeri bahkan apabila wafatpun raja dan pejabat-pejabat masih di anugrahi gelar yang disebut gara’I yang juga diberikan sesuai karyanya semasa hidupnya .

Pada zaman dahulu dalam lingkungan kerajaan-kerajaan ,sapaan-sapaan terjaga dengan sangat baik dalam lingkungan ini hamper tidak terdengar panggilan nama asli/kecil seseorang . menyapa raja dan pejabat-pejabat Ti Olangia , Ti Jogugu ,Ti Wulea ,atau sapaan ti Eyanggu . sapaan untuk ratu , permaisuri atau istri-istri pejabat Ti Mbui , Ti Boki, Putra-Putri dan cucu Bantha , Te tapulu ,Te Putiri , Te Uti , Ti Pii dan sebagainya. sebaliknya keluarga dan para putra-putri pegawai kerajaan dengan nama jabatan masing-masing sampai pangkat yang paling rendah sekalipun tak menyebut nama kecil.

7.      Walima


Walima dalam bahasa Arab yang artinya perayaan oleh masyarakat Gorontalo umumnya dikenal sebagai wadah yang berisi berbagai jenis kue basah atau kering yang diarak ke masjid pada setiap Maulid Nabi, bahkan di beberapa tempat di Gorontalo walima juga diisi dengan bahan makanan pokok hasil kebun, ternak dll yang disiapkan apa adanya.

Bagi masyarakat, Walima adalah hasil karya seni tinggi yang dipersiapkan berbulan-bulan, memerlukan kesabaran yang tinggi untuk mengerjakannya serta membutuhkan biaya yang lumayan besar.

8.      Dikili
Dikili dalam bahasa Gorontalo biasanya dikenal pada saat maulid, dalam bahasa Indonesia lebih kurang artinya adalah Zikir, dalam peringatan maulid Nabi para pezikir datang hampir mewakili wilayah Gorontalo jumlahnya bisa menjadi 500 orang, biasanya masyarakat Gorontalo yang berdomisili di wilayah itu dan hobi dengan Dikili. Dikili ini dilagukan dalam irama yang sama oleh banyak orang yang dimulai oleh pemimpin Agama setelah sholat Isya dan berakhir sebelum sholat zuhur atau lebih kurang 15 jam. Irama zikir yang khas ini membuat orang terkagum-kagum dan marasakan akan kejadian maulid Nabi.


Sumber: Google.com




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo